5 Tips Berbelanja Online Agar Tidak Tertipu dan Sesuai Harapan

20 Likes Comment
tips berbelanja online agar tidak tertipu

Era digital memberi dampak besar terhadap pola kehidupan masyarakat sekarang. Apabila beberapa tahun belakang masih banyak yang merasa takut belanja online, namun saat ini seolah-olah sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Selain kepraktisan, daya tariknya berasal dari harga murah dan lebih hemat. Ingin bertransaksi dengan aman? Yuk simak beberapa tips berbelanja online agar tidak tertipu dibawah ini.

Transaksi online pastinya memiliki banyak resiko, mulai dari uang dibawa kabur oleh penjual sampai produk dagangan palsu. Meskipun resiko seperti ini tidak bisa dielakkan, akan tetapi Anda masih bisa melakukan pencegahan.

Tanpa perlu panjang lebar, inilah tips berbelanja online agar tidak tertipu. Silahkan pahami baik-baik setiap poinnya ya.

Pahami Baik-Baik Tips Berbelanja Online Agar Tidak Tertipu

  1. Melihat Reputasi Seller

Reputasi penjual adalah indikator pertama yang wajib Anda perhatikan. Apabila penjual memiliki reputasi baik, maka bisa dipastikan konsumen bisa berbelanja dengan aman dan bebas penipuan.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengetahui reputasi seller? Kalau ini tergantung dimana Anda melakukan pembelian. Ketika berbelanja di Tokopedia, Shopee, Lazada dan marketplace lainnya, silahkan kunjungi profil mereka.

Perhatikan berapa lama umur toko, status toko aktif atau tidak, persentase membalas chat dan rating dari pembeli.

Sementara itu, reputasi penjual yang hanya berjualan lewat website bisa diketahui dari portofolio produk dan dukungan pelanggan.

  1. Testimoni Konsumen

Apabila umur toko sudah cukup lama, portofolio lengkap, keaktifan dan respon terhadap konsumen bagus, maka langkah berikutnya adalah melihat ulasan konsumen. Poin ini sangatlah penting diperhatikan, karena memberi gambaran umum sebuah toko.

Sebagai calon pembeli, Anda pasti ingin berbelanja dengan kualitas baik. Itulah mengapa penting memperhatikan bagaimana kualitas produk yang dijual kepada konsumen. Semakin banyak ulasan positif yang diterima oleh seller, maka semakin bagus dijadikan pilihan.

Waspadalah apabila website toko online pilihan Anda tidak menampilkan testimoni konsumen, tingkat keamanannya patut dipertanyakan. Sedangkan untuk penjual di marketplace, ulasan konsumen bisa dilihat dari rating bintang yang mereka terima.

  1. Cek Harga Pasaran

Ketika dua poin diatas sudah dimiliki oleh seller, seharusnya tidak ada masalah perihal harga. Meskipun Anda menginginkan harga yang murah, namun tetap pastikan masih bisa membedakan mana harga yang masuk akal atau tidak.

Untuk yang berbelanja di marketplace, bandingkan harga dengan toko lain. Apabila Anda melihat seller di sosial media atau website, bandingkan pula dengan toko lain. Apabila selisih harga Rp. 20 ribu – Rp. 30 ribu, mungkin masih bisa dimaklumi.

Beda cerita ketika selisih harga sudah 50% atau sampai ratusan ribu, Anda harus bertanya kepada diri sendiri. Apakah produk yang sama bisa dijual dengan perbedaan harga sebesar itu? Tinggalkan apabila terasa mencurigakan.

  1. Membaca Deskripsi Produk

Setelah memastikan reputasi toko baik dan harga produk masih tergolong wajar, maka langkah berikutnya adalah memahami deskripsi produk. Pastikan deskripsi yang tertulis di jalaman produk sesuai dengan judulnya.

Coba perhatikan nama barang, spesifikasi, varian sampai kelengkapan yang ditawarkan. Jika masih memiliki beberapa pertanyaan lain dan belum tertulis di deskripsi, chat langsung kepada seller.

  1. Jangan Lupakan Syarat dan Ketentuan

Setiap penjual pastinya memiliki ketentuan masing-masing terkait perjanjian waktu pengembalian, masa garansi dan lain-lain. Dengan memahaminya, Anda bisa mengajukan komplain sesuai prosedur yang berlaku dan tidak ditolak.

Demikianlah lima tips berbelanja online agar tidak tertipu yang penting dipahami. Semoga Anda bisa membeli barang dengan aman dan sesuai harapan.

About the Author: xibulz2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *