Rekomendasi 23 Tempat Wisata di Surabaya yang Lagi Hits 2021

22 Likes Comment
tempat wisata di Surabaya yang lagi hits

Kota Surabaya selama ini dikenal dengan nilai-nilai sejarahnya yang sangat kental. Tidak heran apabila ia mendapat julukan sebagai kota pahlawan. Selain itu, Surabaya adalah ibu kota provinsi Jawa Timur sehingga ikonik dengan pusat perbelanjaan dan fasilitas bernuansa modern lainnya. Lantas, apa saja tempat wisata di Surabaya yang lagi hits? Simak pembahasan lengkap berikut.

Memutuskan untuk pergi liburan ke Kota Surabaya bisa menjadi pilihan menyenangkan. Sebab, Anda dan keluarga bisa menghabiskan waktu dengan mengunjungi ragam tempat hiburan. Pernah mendengar objek wisata Surabaya seperti Jepang?

Tanpa perlu panjang lebar, berikut deretan tempat wisata di Surabaya yang lagi hits.

Rekomendasi Tempat Wisata di Surabaya yang Lagi Hits


  1. Kelenteng Sanggar Agung

Tempat pertama yang bisa Anda jadikan tujuan adalah Kelenteng Sanggar Agung. Bentuknya yang unik berhasil mengundang perhatian para wisatawan. Yang ikonik dari objek wisata ini adalah patung Dewi Kwan Im. Bersamaan dengan itu, Anda juga bisa melihat patung naga yang meliuk dan gagah, sekaligus patung Tong Nu dan Sha Nan.

Harga tiket masuk ke Kelentang Sanggar Agung sekitar Rp. 5 ribu – Rp. 10 ribu. Lokasinya berada di Jalan Sukolilo Nomor 100, Kelurahan Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak.


  1. Ekowisata Mangrove

Selain berburu foto di depan Klenteng Sanggar Agung, lokasi Ekowisata Mangrove siap memanjakan wisatawan yang haus akan spot foto kece. Disini Anda bisa menikmati sejuk dan rindangnya hutan mangrove sejauh mata memandang.

Berakhir pekan di tengah-tengah suasana alam yang rindang pasti sangat bagus. Lokasi Ekowisata Mangrove berada di Jalan Raya Wonorejo Nomor 1, Kecamatan Rungkut. Harga tiket masuknya sebesar Rp. 5 ribu dan sudah termasuk biaya parkir.


  1. Kampung Arab

Sesuai namanya, Kampung Arab adalah sebuah pemukiman yang dihuni oleh orang-orang berasal dari Negara Arab. Hal itu sudah berhasil menarik minat masyarakat kota Surabaya dan sekitarnya untuk menyambangi Kampung Arab.

Suasana kehidupan sehari-hari dan budaya khas Arab sangatlah kental. Anda bisa berkeliling sembari berbelanja minyak wangi, pakaian dan peralatan ibadah. Tidak ada tiket masuk untuk masuk ke Kampung Arab.

Lokasi Kampung Arab Surabaya berada di Jalan Ampel Kejeron I Nomor 04, RT.006/RW.02, Ampel, Kecamatan Semampir.


  1. Hutan Bambu Keputih

Hutan Bambu Keputih adalah tempat wisata di Surabaya yang lagi hits berikutnya dan recomended buat disambangi. Pasalnya, Anda bisa menemukan sebuah taman bunga sakura yang suasananya mirip Jepang dan tentu sangat cantik. Ada banyak spot foto instagramable dan ngehits disini.

Sebelum menjadi objek wisata seperti sekarang, Hutan Bambu Keputih dahulunya merupakan tempat pembuangan sampah. Karena sudah tutup, lokasi ini dijadikan lahan hijau dan ditanami berbagai macam bambu.

Hutan Bambu Keputih berlokasi di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Kecamatan Sukolilo.


  1. Food Junction Grand Pakuwon 

Mungkin banyak dari Anda yang belum pernah mendengar Food Junction Grand Pakuwon, karena memang ini adalah salah satu tempat wisata di Surabaya terbaru. Pusat berburu makanan ini mulai dibuka pada 22 Januari 2016 lalu. Sehingga wajar apabila wisatawan dari luar kota masih terasa asing.

Food Junction Grand Pakuwon dilengkapi 100 talent lebih yang menjual beraneka macam makanan. Pengunjung bisa berburu makanan khas mancanegara dan dalam negeri sesuai selera. Konsep tempat makan terbuka yang berada di tepi danau buatan dan desain modern membuatnya terlihat sangat menarik.

Lokasi Food Junction Grand Pakuwon beralamatkan di Jalan Grand Banjar Boulevard, Tandes, Banjar Sugihan.


  1. Tugu Pahlawan

tempat wisata di surabaya terbaru
Image by: indonesiakaya.com

 

Bicara soal tempat wisata di Surabaya, pasti tidak boleh melewatkan Tugu Pahlawan. Ini adalah ikon yang hukumnya wajib disambangi para wisatawan. Rasanya ada yang kurang apabila setibanya di Surabaya tanpa berfoto di depan Tugu Pahlawan.

Disekeliling Tugu Pahlawan terdapat taman hijau yang terlihat asri dan rindang. Bersantai di taman tersebut adalah pilihan bagus untuk menikmati keindahan kota Surabaya ditemani suasana sejuk dan menenangkan.

Tugu Pahlawan berada di Jalan Pahlawan, Alun-Alun Contong, Kecamatan Bubutan.


  1. Pelabuhan Tanjung Perak

Bersantai di sore hari sembari menyaksikan indahnya langit senja lengkap dengan siluet kapal yang berjejer di tengah laut tentu sangat menyenangkan. Pengalaman tadi bisa Anda dapatkan ketika berkunjung ke Pelabuhan Tanjung Perak.

Spot foto yang ditawarkan kepada para wisatawan sudah pasti mempesona dan ngehits. Cocok dikunjungi oleh para fotografer. Lokasi Pelabuhan Tanjung Perak berada di Kelurahan Perak Timur, Kecamatan Pabean Cantikan.


  1. Museum House of Sampoerna

Tempat wisata di Surabaya yang lagi hits berikutnya adalah Museum House of Sampoerna. Meskipun membawa embel-embel museum, bukan berarti ia membosankan seperti yang Anda pikirkan. Gedung bekas produksi rokok Sampoerna ini sudah didesain sedemikian rupa sehingga terkesan instagramable.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan selama liburan di Museum House of Sampoerna. Pertama, Anda bisa mempelajari sejarah kretek di Indonesia. Mulai dari mengenal macam-macam pemantik rokok, jenis-jenis cengkeh dan pastinya melihat proses pembuatan rokok.

Di lantai dua Museum House of Sampoerna, terdapat toko souvenir dan cafe. Lebih seru lagi, para pengunjung bisa berkeliling kota Surabaya mengendarai bus secara gratis.

Lokasi Museum House of Sampoerna berada di Taman Sampoerna Nomor 6, Krembangan Utara, Kecamatan Pabean Cantian. Harga tiket masuknya gratis.


  1. Air Mancur Menari

Tidak perlu bingung mencari tempat nongkrong di Surabaya malam hari, silahkan berkunjung ke Kecamatan Kanjeran. Anda bisa menyaksikan jembatan sepanjang 800 meter di pesisir Pantai Kanjeran. Jembatan ini terlihat sangat megah dan memiliki 3 lajur satu arah.

Ketika malam hari tiba, lampu warna-warni yang ada di jembatan dihidupkan. Gemerlap cahaya sepanjang jembatan menciptakan pemandangan yang menawan dan cantik. Pihak pengelola bahkan sudah menyediakan spot foto selfie khusus bagi para pengunjung.

Tidak heran apabila banyak sekali kaula muda yang sekedar berburu foto dan nongkrong bareng di Air Mancur Menari. 


  1. Surabaya Carnival Night Market

 Masih bertemakan tempat nongkrong di malam hari, kali ini ada Surabaya Carnival Night Market yang konsepnya mirip seperti BNS (Batu Night Spectacular). Anda bisa mengajak keluarga tercinta untuk bermain bersama dan seru-seruan karena disini sudah disediakan beragam wahana menarik.

Jadikan malam hari Anda lebih meriah dan menyenangkan dengan mampir ke Surabaya Carnival Night Market. Lokasinya berada di Jl. Ahmad Yano Nomor 333, Dukuh Menanggal, Kecamatan Gayungan.


  1. Kebun Bibit

Kebun Bibit siap memanjakan Anda dan si buah hati dengan konsep wisata alam yang seru dan menyenangkan. Lokasinya dipenuhi oleh tumbuhan-tumbuhan hijau yang terlihat rindang dan membuat udaranya sejuk. Pilihan tepat untuk rekreasi di hari libur atau akhir pekan.

Sementara Anda duduk santai, anak-anak bisa bermain sepuasnya di area playground dan lokasi outbond. Lebih seru lagi, beberapa ekor rusa dilepaskan begitu saja di Kebun Bibit sehingga anak-anak bisa berinteraksi dan memberi mereka makan.

Lokasi Kebun Bibit Surabaya berada di Jalan Raya Manyar Nomor 80A, Baratajaya, Kecamatan Gubeng. Tidak ada biaya tiket masuk, pengunjung hanya dikenakan biaya parkir. 


  1. Ciputra Waterpark

wahana permainan ciputra waterpark surabaya
Image by: surabayarollcake.com

Tempat wisata di Surabaya yang lagi hits ini menawarkan keseruan dan kesegaran yang sangat bagus apabila Anda ingin melepas penat dari segala macam aktivitas. Namanya adalah Ciputra Waterpark yang dilengkapi beragam wahana permainan air super seru. Seperti seluncuran, kolam arus dan lain sebagainya.

Lokasi Ciputra Waterpark berada di daerah Citraland, Sambikerep.


  1. Patung Suro dan Boyo

Hampir lupa, selain Tugu Pahlawan masih ada lagi ikon kota Surabaya yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Yaitu patung Suro dan Boyo yang menyimpan sejarah mengapa kota ini dinamakan Surabaya.

Liburan Anda dan keluarga pasti kurang sempurna apabila tidak menyempatkan foto berlatar belakang patung Suro dan Boyo. Salah satu titik terbaik adalah berfoto dari Taman Skateboard. Tidak ada tiket masuk sepeserpun untuk mengunjunginya.

Lokasi patung Suro dan Boyo beralamatkan di Jalan Dipenegoro Nomor 1-B, Darmo, Kecamatan Wonokromo.


  1. Surabaya North Quay

Terminal Gapura Surya Nusantara adalah tempat yang menjadi bersandarnya kapal-kapal pesiar internasional. Tepat di lantai 2 dan 3 terminal ini, ada objek wisata menarik yang disebut Surabaya North Quay.

Pada malam hari, Surabaya North Quah dihiasi lampu sehingga memungkinkan pengunjung melihat eksotisme pemandangan Pelabuhan Tanjung Perak. Sekedar duduk santai dan ngobrol bersama orang-orang terdekat pasti sangatlah menarik.

Para pemburu foto instagramable pastinya banyak yang datang untuk mengabadikan momen.


  1. Museum 10 November

Tahan dulu keinginan berkeliling tempat wisata di Surabaya yang lagi hits, mampirlah sejenak ke Museum 10 November. Selain berwisata, Anda bisa mengajak keluarga sekalian untuk mempelajari sejarah.

Museum 10 November adalah gudangnya bukti sejarah dan cerita perjuangan para pahlawan dalam melawan penjajah Belanda semasa peristiwa 10 November 1945. Terdapat banyak sekali lukisan dan foto yang menggambarkan keadaan perang kala itu.

Ada pula bukti perjuangan arek-arek Suroboyo dan bung Tomo berupa peralatan perang yang digunakan mengusir para penjajah. Lokasinya masih berada di Jalan Pahlawan, sehingga bisa sekalian mampir ketika Anda singgah ke Tugu Pahlawan.

Harga tiket masuk ke Museum 10 November adalah Rp. 5.000.


  1. Atlantis Land

Kota Surabaya dikenal memiliki suhu udara yang panas, sehingga paling cocok untuk menyegarkan diri ketika liburan. Apabila Anda dan keluarga ingin lebih puas dan sedang mencari taman air yang fasilitasnya komplit, maka bisa deh berkunjung ke Atlantis Land.

Tempat wisata di Surabaya yang lagi hits ini bukan hanya menghadirkan kolam renang berperosotan panjang, melainkan masih ada banyak wahana permainan air lainnya yang tidak kalah seru. Para pengunjung Atlantis Land senantiasa terhibur dengan beraneka macam wahanan permainan air yang komplit.


  1. Jalan Kembang Jepun

Secara sekilas, Anda mungkin berpikir bahwa lokasi ini identik dengan nuansa jepang. Namun sebenarnya, Jalan Kembang Jepun adalah jalanan China Twon yang menjual berbagai macam kuliner khas Tiongkok dan Surabaya.

Di sepanjang jalan, Anda bisa menemukan kurang lebih 200 pedagang makanan dan minuman yang siap memanjakan lidah. Ornamen dan bangunan khas China bisa dilihat dengan jelas, cocok juga sebagai spot foto.


  1. Kampung Bulak

objek wisata kampung bulak surabaya
Image by: sewabussurabaya.com

Tidak mau kalah dari daerah lain, kota Surabaya juga memiliki perkampungan yang terlihat meriah dan cantik. Namanya adalah Kampuk Bulak yang berada di Desa Kanjeran, Kecamatan Bulak. Untuk berkunjung ke sana, pengunjung harus membayar tiket masuk Rp. 2 ribu per orang.

Daya tarik Kampung Bulak bukan hanya sekedar dari pemukiman penduduk yang dibuat warna-warni, namun juga dari lokasinya yang dekat dengan Pantai Ria Kanjeran. Sehingga, para pengunjung bisa sekalian berlibur ke pantainya.

Kampung Bulak sudah menyediakan beberapa spot foto instagramable bagi kaula muda. Dijamin tidak rugi deh berburu foto kesana.


  1. Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya adalah alternatif liburan bersama keluarga yang pastinya menyenangkan. Pasalnya disini Anda bisa melihat langsung sekitar 315 spesies hewan. Menurut beberapa sumber di internet, kebun binatang ini sudah berdiri sejak penjajahan Belanda dan menjadi salah satu kebun bintang tertua di Indonesia.

Harga tiket masuk ketika hari biasa adalah Rp. 15 ribu dan berubah menjadi Rp. 20 ribu di akhir pekan. Kebun Binatang Surabaya berlokasi di Jalan Setail Nomor 1, Darmo, Kecamatan Wonokromo.


  1. Terminal Teluk Lamong

Pertama kali diresmikan pada tanggal 22 Mei 2015 lalu oleh bapak presiden Jokowi, Terminal Teluk Lamong ternya bukan hanya memberi keuntungan dari segi transportasi laut, melainkan juga bisa dimanfaatkan oleh warga Surabaya untuk bersantai.

Tidak sedikit warga sekitar yang sekedar duduk manis di tepian Terminal Teluk Lamong untuk menyaksikan lalu lalang kapal-kapal muatan, sembari ditemani angin laut sepoi-sepoi. Spot foto yang ditawarkan juga sayang banget dilewatkan dari jepretan lensa kamera.

Terminal Teluk Lamong berlokasi di Jalan Raya Tambak Osowilangun KM 12, Tambak Osowilangun, Kecamatan Benowo. Pengunjung bisa datang kapanpun tanpa perlu membayar tiket masuk.


  1. Monumen Kapal Selam 

Ingin mencoba liburan yang antimainstream? Kalau begitu, monumen Kapal Selam yang beralamatkan di Jalan Pemuda Nomor 39, Embong Kaliasin, Kecamatan Genting ini bisa menjadi referensi bagus. Anda dan keluarga nantinya bakal diajak masuk untuk melihat bagian dalam kapal selam yang dahulunya milik TNI AL.

Tentu saja sangat menarik, apalagi Monumen Kapal Selam berkaitan dengan KRI paopati 410. Harga tiket masuk ke objek wisata ini sebesar Rp. 10 ribu per orang.

  1. Balai Kota Surabaya

Menemukan spot foto instagenic di Surabaya memang tergolong mudah, bahkan di balai kotanya memiliki background foto berupa bangunan-bangunan megah. Sangat cocok untuk mengambil foto bertemakan arsitektur klasik.

Di bagian depan, ada tulisan Balai Kota Surabaya dan menyala pada malam hari. Tentu saja cocok dipakai berfoto kaula muda kekinian. Sementara itu, di bagian dalamnya terdapat sejumlah pameran yang menjual beraneka macam oleh-oleh khas Surabaya.

Demikianlah informasi tentang 11 tempat wisata di Surabaya yang lagi hits. Semoga bisa memandu Anda ketika hendak liburan ke kota Pahlawan.

About the Author: xibulz2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *