6 Cara Promosi Jualan Makanan Online Agar Laris Manis Untuk Pemula

5 Likes Comment
cara promosi jualan makanan online agar laris manis

Jualan makanan online adalah bisnis yang sedang menggeliat dan berkembang pesat ditekuni oleh masyarakat. Sebab, untuk memulai bisnis makanan membutuhkan modal relatif kecil, banyak pilihan makanan yang bisa dibuat dan semakin dipermudah dengan menjual lewat WhatsApp ataupun media sosial lainnya. Ingin tahu bagaimana cara promosi jualan makanan online agar laris manis? Berikut uraian lengkapnya.

Sejak dahulu, menjual makanan selalu menjadi pilihan untuk mendapatkan penghasilan. Hal ini sebanding dengan kebutuhan setiap orang akan makanan sehari-hari yang tidak bisa dipungkiri. Bisnis kuliner memang menguntungkan, akan tetapi daya saingnya juga tinggi dan selera konsumen seringkali berubah-ubah.

Cara promosi jualan makanan online bisa Anda pahami pada artikel berikut.

Beraneka Macam Cara Promosi Jualan Makanan Online

1.Membuat Slogan Menarik

Tanpa disadari oleh banyak orang, slogan ternyata memberikan dampak besar terhadap suatu bisnis. Di bidang kuliner, kata-kata “Indomie Seleraku” pasti sudah sangat melekat ditelinga hampir semua orang di Indonesia.

Disamping citarasanya yang lezat, slogan familiar seperti inilah yang membuat mie indomie selalu laris manis dimasyarakat. Terlebih lagi dengan kehadiran indomie diberbagai media, baik itu televisi maupun sosmed. Membuat merk dan slogan “Indomie Seleraku” semakin dikenal oleh banyak orang.

Berkaca dari Indomie, mulai sekarang Anda harus memikirkan slogan apa yang sekiranya cocok untuk produk. Pikirkan sekreatif dan semenarik mungkin, supaya produk Anda semakin familiar ditengah-tengah masyarakat.

2.Memanfaatkan Media Sosial

Jika bicara tentang promosi jualan makanan online, maka tidak bisa lepas dari yang namanya media sosial. Sebab, menurut penelitian yang dilakukan oleh Hootsuite dan We Are Social membuktikan bahwa penetrasi pengguna media sosial aktif mencapai 42% dari jumlah populasi dunia.

Anda juga bisa melihat sendiri bagaimana derasnya interaksi di akun-akun yang membahas soal makanan. Baik itu di Instagram, YouTube, TikTok, Twitter dan lain sebagainya. Ini membuktikan adanya minat yang besar dari pengguna sosmed terhadap produk makanan.

Tidak perlu buru-buru memikirkan budget iklan di Facebook, Instagram ataupun lainnya, Anda bisa memulai dengan metode-metode gratisan terlebih dahulu. Semakin aktif akun sosial media Anda, maka semakin besar pula peluang bagi produk makanan Anda dikenal oleh lebih banyak orang.

3.Memberi Sampel Gratis Kepada Calon Pelanggan

Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, bisnis kuliner memiliki tingkat persaingan tinggi. Sama seperti Anda, diluar sana ada banyak orang yang sedang berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan bisnis jualan makanan mereka.

Ditengah-tengah persaingan yang ketat seperti ini, Anda harus berani mengambil langkah untuk membuktikan kualitas dan citarasa makanan. Caranya adalah dengan memberikan produk gratis kepada followers di sosial media.

Minta tolong kepada mereka supaya nantinya mau mengulas dan memberi penilaian terhadap produk Anda. Jika memang rasanya enak, mereka pasti dengan senang hati memberikan penilaian positif dan bahkan menjadi pelanggan setia.

Karena langkah ini membutuhkan modal, Anda harus pandai-pandai mengatur manajemen supaya cashflow tetap aman.

4.Mendaftarkan Bisnis di Aplikasi Pencarian Restoran

Kemunculan aplikasi layanan pencarian restoran bertujuan untuk memberi referensi kepada orang-orang yang ingin menyantap sesuatu. Pengguna dibuat agar semakin mudah menemukan penjual makanan terbaik sesuai keinginan mereka.

Artikel Menarik Lainnya : Tips Memulai Bisnis Kuliner Untuk Pemula Yang Penting Dipahami

Kehadiran aplikasi ini pastinya juga memberi dampak bagus bagi para penjual makanan online. Anda sekarang memiliki platform khusus untuk lebih dekat dengan para penikmat kuliner. Itulah sebabnya tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan dan mulailah mendaftar di aplikasi pencarian restoran.

5.Tidak Pelit Kepada Pelanggan Loyal

Memiliki pelanggan loyal adalah prestasi tersendiri bagi sebuah bisnis, karena hal seperti itu sama sekali tidak mudah. Butuh proses panjang sehingga pelanggan memiliki kepercayaan kepada bisnis Anda dan kembali order setiap membutuhkan produk tersebut.

Sebagai bentuk terimakasih, tidak ada salahnya memberikan reward kepada pelanggan loyal. Bisa berupa potongan harga maupun pemberian item gratis setelah mencapai batas minimum order tertentu.

Sebagaimana sifat alami manusia, ketika mendapatkan sebuah hadiah mereka merasa senang dan cenderung berbagi cerita kepada orang lain. Dengan begitu, secara tidak langsung mereka mempromosikan produk Anda kepada teman-teman terdekat.

Dalam kasus seperti ini, kedua belah pihak sama-sama diuntungkan. Jangan lupa selalu memperhitungkan profit, supaya Anda tidak berlebihan dalam memberi reward.

6.Menggandeng Layanan Pesan Antar

Cara promosi jualan makanan online berikutnya adalah bekerjasama dengan penyedia layanan pesan antar. Seperti yang sudah kita tahu, sekarang ini kebanyakan orang sangat suka membeli makanan online dan menunggu pesanan diantar oleh kurir. Sebut saja Grabfood dan GoFood.

Anda bisa mendaftarkan bisnis kuliner kedua aplikasi tersebut untuk mulai menjangkau jutaan pengguna aktif yang setiap hari membutuhkan makanan.

Demikianlah enam cara promosi jualan makanan online agar laris manis. Semoga bermanfaat.

 

You might like

About the Author: xibulz2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *