Spesifikasi Infinix Smart 5 Lengkap Dengan Kelebihan dan Kekurangannya

37 Likes Comment
Spesifikasi hp infinix smart 5

Infinix Smart 5 adalah ponsel keluaran bulan Agustus 2020 lalu yang sukses menarik perhatian peminat gadget Indonesia. Hadir dengan banderol harga murah sekitar Rp. 1.3 jutaan, spesifikasi yang ditawarkan melebihi ekspetasi banyak orang. Tidak heran apabila kelebihan dan kekurangannya dicari-cari oleh warganet. Ini menandakan apabila banyak yang tertarik untuk meminangnya.

Infinix Smart 5 hadir dalam dua varian, yaitu RAM 3GB/64GB dan RAM 2GB/32GB. Ponsel ini didesain bagi mereka yang gemar menggunakan ponsel selama seharian penuh, namun malas jika harus mencharge terlalu sering. Tersedia pula triple camera yang jarang kamu temukan di hp lain dengan harga serupa.

Kelebihan dan kekurangan Infinix Smart 5 bisa disimak selengkapnya berikut.

Spek Infinix Smart 5

Layar IPS LCD 6.6 inch 720 x 1600 pixels (~266 ppi density)
RAM dan Memori Internal 2GB/32GB dan 3GB/64GB
Chipset Mediatek MT6761D Helio A20 (12 nm)
GPU PowerVR GE8320
Kamera Depan 8 MP, Dual-LED flash, perekaman video 1080@30fps
Kamera Belakang 13 MP + QVGA + QVGA (model X657) atau 13 MP + 8MP + QVGA (model X657C)
OS Android 10 (Go Edition)
Baterai 5000 mAh + Charging 10W
Fitur Fingerprint (rear-mounted), gyro, accelerometer, proximity
Pilihan Warna Midnight Black, Quetzal Cyan dan Ocean Wave

 

Kelebihan Hp Infinix Smart 5

Dari sekian banyak range harga di pasaran, hp 1 jutaan memang selalu menarik untuk dibahas lebih lanjut. Terlebih lagi di pasar Indonesia yang mayoritas pengguna menyukai smartphone murah, namun memiliki spek yang tidak murahan.

Kalau begitu, Infinix Smart 5 adalah pilihan tepat. Beberapa poin kelebihannya bisa disimak berikut.

1.Layar Jumbo Berdesain Poni

Di tahun 2021 ini, memiliki hp dengan layar lebar sudah menjadi keharusan. Karena mayoritas ponsel keluaran terbaru dibekali layar lebar, sehingga kesan memegang ponsel berlayar kecil seolah-olah ketinggalan zaman.

Oleh sebab itu, Infinix Smart 5 hadir dengan layar seluas 6,6 inci berpanel IPS LCD. Ukuran ini sudah mampu memberikan kepuasan kepada pengguna, baik ketika bermain game maupun menonton film.

Mengingat harganya yang ekonomis, kamu harus memaklumi apabila hanya beresolusi HD+ (720 x 1600 pixels). Sebagai gantinya, Infinix sudah membenamkan teknologi Sunlight Display yang berguna untuk memastikan tampilannya tetap terlihat jelas meski berada dibawah silaunya terik matahari.

Sebagaimana ponsel kekinian lainnya, layar Infinix Smart 5 mengusung desain poni. Sehingga membuat bezelnya sangatlah tipis. Rasio antara bodi dan layar sebesar 83,2%.

2.Fitur Keamanan Fingerprint Sensor dan Face Unlock

Secara umum, hp entry-level memiliki kelemahan pada kelengkapan fitur keamanan untuk membuka kuncinya. Namun, kelemahan ini tidak terlihat di Infinix Smart 5 yang memiliki keamanan berlapis dan lengkap.

Meski dibanderol kurang dari Rp. 1.5 jutaan, kamu sudah bisa membawa ponsel yang dibekali pemindai sidik jari dan face unlock. Keamanan canggih seperti ini sangat jarang hadir secara bersamaan di kategori hp murah.

Fingerprint sensor pada Infinix Smart 5 terletak di bagian bodi belakang berbentuk melingkar. Kamu bebas mengunci hp menggunakan pemindai sidik jari ataupun pengenalan wajah.

3.Kapasitas Baterai Ekstra Besar

Di range harga 2 jutaan, ponsel dengan baterai jumbo sudah menjadi sesuatu yang lumrah. Namun, apabila kamu menginginkan banderol harga yang lebih ekonomis, Infinix Smart 5 bisa menjadi salah satu pilihannya. Kamu sudah bisa membawa pulang hp dengan baterai 5.000 mAh, tanpa harus mengeluarkan budget mahal.

Baterai ini mampu bertahan selama 4 hari pada mode siaga. Sedangkan untuk pemakaian normal, maka daya tahannya sekitar 1-2 hari. Kamu yang hobi marathon film dan bermain game online seharian, pasti suka dengan ketahanan baterai Infinix Smart 5.

4.Desain Menawan Berbalut Potongan Berlian

harga hp infinix smart 5 terbaru
Image by : europetravelguide.co.uk

Infinix adalah brand yang selama ini dikenal memiliki desain kece hampir disemua produknya. Hal itu juga bisa kamu temukan pada Infinix Smart 5 yang hadir dengan desain potongan berlian super keren. Bodinya yang menawan membuatnya seolah-olah bukan hp murahan .

Setiap pilihan warna ponsel ini menampilkan guratan-guratan geometris dan terlihat memancarkan cahaya glowing. Semakin menambah daya tariknya supaya lebih disukai oleh kaula muda.

Penataan kamera Infinix Smart 5 juga sangat apik, karena mampu menciptakan kesan jika ia memiliki konfigurasi empat buah kamera. Padahal, hp ini hanya dibekali tiga kamera saja dan dilengkapi satu LED Flash.

Oh iya, pilihan warnanya terdiri dari Midnight Black (Hitam), Quetzal Cyan (biru kehijauan) dan Ocean Wave (biru tua).

5.Mengadopsi Android 10 Go Edition

Untuk mengoptimalkan performa ponsel, Infinix memilih membenamkan OS Android Go Edition agar terasa lebih ringan dan tidak membebani kinerjanya. Seperti yang kita tahu, Infinix Smart 5 hanya memiliki RAM 2GB dan 3GB saja.

Kehadiran sistem operasi Android Go Edition jelas sangat bagus untuk mengoptimalkan kinerja ponsel supaya lebih ringan. Sementara itu, fitur-fitur kekinian seperti Smart Reply, Dark Mode dan lain-lain masih bisa dinikmati oleh pengguna.

Artikel Menarik Lainnya : Kelebihan Samsung Galaxy M32 dan Kekurangannya

6.Triple Camera Utama

Melihat banderol harganya, Infinix Smart 5 adalah salah satu pesaing kuat dari Redmi 9A. Pada sektor kamera, Infinix berhasil memenangkan satu skor karena membenamkan tiga buah lensa kamera di bagian bodi belakang. Sedangkan Redmi 9A hanya dibekali oleh satu lensa beresolusi 13 MP saja.

Konfigurasi kamera utama Infinix Smart 5 terdiri dari lensa 13 MP dan ditemani dua buah lensa QVGA. Walaupaun dua lensa QVGA terkesan sebagai gimmick belaka, namun ini sebenarnya turut mempengaruhi hasil fotonya.

Hasil jepretan Infinix Smart 5 tergolong bagus dan bisa diandalkan apabila membandingkannya dengann ponsel lain untuk harga yang sama.

Kamera selfie yang berkekuatan 8MP juga menawarkan hasil oke punya. Pengguna bisa memotret dengan latar belakang bokeh yang saat ini sedang digandrungi oleh anak-anak muda.

Sebagai hp harga 1 jutaan, baik kamera depan ataupun kamera belakang Infinix Smart 5 sudah cukup baik. Ketajamannya sudah tergolong bagus ketika tidak di-crop, warnanya tidak terlalu tajam dan cenderung halus.

7.Speaker Berteknologi DTS

Apabila pengguna ingin menikmati suara dari lagu, video dan game seorang diri, maka tinggal mencolokkan earphone di port 3,5mm jack audionya. Meskipun tanpa bantuan earphone sekalipun, suara Infinix Smart 5 sudah bagus berkat kehadiran speaker berteknologi DTS.

Kamu bisa melakukan pengaturan tertentu dan mengubah beragam penyetelan equalizer supaya suaranya lebih ngebass dan lebih jernih. Tidak tanggung-tanggung, pihak Infinix bahkan mengklaim suara dari DTS ini mampu menghasilkan suara mirip didalam teater.

Kendati demikian, kamu tidak perlu membandingkannya dengan hp lain di kelas mid-range apalagi hp flagship. Keberadaan DTS saja sudah cukup untuk memberinya apresiasi meskipun suara yang dihasilkan kurang begitu maksimal, lagi-lagi mengingat posisinya sebagai hp 1 jutaan.

8.Memori Internal Lega dan Slot Khusus

Karena mengerti kebutuhan pengguna yang semakin bertambah besar, Infinix menghadirkan memori internal berkapasitas 32GB untuk ponselnya kali ini. Memori tersebut berstandar eMMC 5.1 dan diharapkan mampu menyimpan ragam kebutuhan pemilik ponsel.

Infinix Smart 5 juga dibekali slot tambahan yang berada di SIM tray. Apabila memori internalnya dirasa masih kurang, maka bisa menambah memori eksternal sampai dengan 256GB. Penambahan memori eksternal ini memungkinkan kartu SIM kedua dipakai secara berbarengan.

Jika melihat seri Infinix Smart 4 sebelumnya yang dibekali memori internal 16GB, itu berarti sudah ditingkatkan dua kali lipat.

Kekurangan Hp Infinix Smart 5

kelebihan hp infinix smart 5
Image by : gsmarena.com

Diantara deretan kelebihan diatas, Infinix Smart 5 pastinya memiliki beberapa kekurangan. Pengguna harus memahami kekurangan ini supaya bisa mempertimbangkan lebih bijak. Adapun kelemahan itu seperti:

1.Penurunan Chipset

Sebagai varian terbaru dari generasi sebelumnya, Infinix Smart 5 bisa dibilang sedikit aneh. Pasalnya, prosesor yang digunakan justru mengalami penurunan. Apabila Infinix Smart 4 dibekali 4 CPU ARM Cortex A53 dengan clock speed 2.0 GHz (Helio A22), maka kali ini hanya berkecepatan 1.8 GHz saja.

Pihak Infinix sendiri memang tidak menyebutkan chipset apa yang dipakai oleh Smart 5. Namun, GSMAena menyebutkan bahwasannya ponsel ini dibekali dengan Helio A20. Melihat dari segi logika penomoran, Helio A20 pastinya mempunyai performa lebih rendah dibandingkan Helio A22.

Padahal, sudah banyak hp lain di range harga 1 jutaan yang menawarkan performa lebih bertenaga. Sebut saja Infinix Hot 8 yang dibekali Helio P22 ataupun Redmi 9A dengan chipset Helio G25.

2.Versi Bluetooth Lebih Rendah

Jika dibandingkan dengan Infinix Smart 4, lagi-lagi ada fitur yang dipangkas pada seri terbarunya ini. Pengguna harus puas dengan Bluetooth 4.2, padahal Infinix Smart 4 sudah membawa versi Bluetooth 5. Kedua versi ini memiliki perbedaan pada kecepatan dan jarak transfer.

Pada Infinix Smart 4 yang dibekali Bluetooth versi 5, kemampuan transfer file sampai dengan 2 Mbps dan bisa mendeteksi perangkat sejauh 240 meter. Berbeda dengan Infinix Smart 5 yang dibekali Bluetooth 4.2, kemampuan transfer file hanya 1 Mbps dan mendeteksi perangkat diradius 60 meter.

3.Belum Mendukung Fast Charging

Dibalik baterai jumbonya yang berkapasitas 4000 mAh, Infinix Smart 5 masih belum mendukung fitur pengisian daya cepat atau fast charging. Ini jelas sangat disayangkan karena membuat pengguna harus meluangkan banyak waktu untuk mengisi kembali daya baterai yang sudah habis.

Pengisian baterai dilakukan dengan kecepatan standar 10W yang membutuhkan waktu lama supaya bisa penuh. Terlebih lagi di box pembelian hanya tersedia charge berkecepatan 5W. Menurut uji coba yang dilakukan oleh Praiz Tech, pengisian daya Infinix Smart 5 selama 1 jam hanya meraih 22% saja.

Kesimpulan Akhir

Infinix Smart 5 cocok dipilih untuk kamu yang sedang mencari ponsel kekinian dan pemakaiannya sebatas multitasking sosial media. Desainnya bagus dan model layarnya sudah sangat layak dipakai oleh muda-mudi.

Baterai 4.000 mAh siap menemani aktivitasmu sehari-hari tanpa khawatir mudah habis. Konfigurasi kamera depan dan belakang sudah cukup baik untuk memotret objek, kemudian menguploadnya ke sosial media.

Namun, hp ini kurang direkomendasikan bagi penggemar game online. Mengingat prosesornya yang standard dan tergolong pas-pasan. Pengguna juga harus bersabar setiap kali mengecas hp sampai penuh, karena membutuhkan waktu relatif lama.

Demikianlah pembahasan tentang spesifikasi Infinix Smart 5 kelebihan dan kekurangannya, semoga bermanfaat.

You might like

About the Author: xibulz2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *